Kapolres Aceh Tenggara AKBP Wanito Eko Sulistyo, S.H, S.I.K. menghadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilangsungkan di Lapangan Jendral Ahmad Yani Kabupaten Aceh Tenggara , Selasa (01/10/2019) pukul 08.00 wib. bertindak sebagai Inspektur Dandim 0108/Agara dan Komandan upacara Kapten Inf Jujur Lubis.

Pelaksanaan upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2019 dengan tema “Pancasila sebagai Dasar penguat Karakter Bangsa menuju Indonesia Maju dan Bahagia” yang diikuti oleh satu peleton dari TNI, Polri, Pol PP, BPBD, Dishub, PNS, Anggota Pramuka, pelajar SMA sederejat.

Kapolres Aceh Tenggara AKBP Wanito Eko Sulistyo, S.H, S.I.K. mengatakan “Upacara dimaksudkan untuk mengenang para pahlawan Revolusi yang telah gugur dalam tragedi Nasional pada tahun 1965. Beliau mengingatkan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah bangsanya sendiri.

Dalam perjalanan sejarah bangsa, banyak sekali rong rongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Dengan peringatan kesaktian pancasila ini, diharapkan semangat tekad jiwa Bhinneka Tunggal Ika yang berlandaskan Pancasila semakin melekat kepada para pemuda penerus bangsa, sehingga bangsa Indonesia ini tetap utuh dalam satu kesatuan.

“Negara kita memiliki banyak sekali sejarah, semoga dengan sejarah itu menjadikan pelajaran ke depan supaya tidak terjadi hal yang sama pada negara kita, dan upacara ini dimaksudkan untuk memperingati serta mengenang para pahlawan, sekaligus sebagai kilas balik tentang peristiwa yang terjadi pada tahun 1965 yang dikenal dengan Gerakan 30 September,” Tutur Kapolres.

Komentar