Program Kapolres Aceh Tenggara, ”One Week One Ayat”

184

Kapolres Aceh tenggara AKBP Drs Edi Bastari M.Si, kembali menjalankan program “One Week One Ayat”, Senin, (08/08/2016) pukul 08.10 Wib.

IMG-20160808-WA0000

Kapolres menyampaikan,“Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari), Hadis ini memiliki poin kandungan bahwa, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk menyampaikan perkara agama dari beliau, karena Allah subhanahu wa ta’ala telah menjadikan agama ini sebagai satu-satunya agama bagi manusia dan jin (yang artinya), “Pada hari ini telah kusempurnakan bagimu agamamu dan telah kusempurnakan bagimu nikmat-Ku dan telah aku ridhai Islam sebagai agama bagimu” (QS. Al Maidah : 3). Tentang sabda beliau, “Sampaikan dariku walau hanya satu ayat”, Al Ma’afi An Nahrawani mengatakan, “Hal ini agar setiap orang yang mendengar suatu perkara dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersegera untuk menyampaikannya, meskipun hanya sedikit. Tujuannya agar nukilan dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dapat segera tersambung dan tersampaikan seluruhnya.” Hal ini sebagaimana sabda beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam, “Hendaklah yang hadir menyampaikan pada yang tidak hadir”. Bentuk perintah dalam hadits ini menunjukkan hukum fardhu kifayah,terang Kapolres.

Dari indikator di atas, maka Kapolres menjalankan program “One Week One Ayat”, bertempat di lapangan apel Polres Aceh Tenggara, setelah di laksanakannya apel pagi, lalu Kapolres memanggil beberapa personel untuk tampil ke depan untuk membacakan ayat-ayat pendek Al-Quran, bagi personel yang dapat menghafal ayat tersebut di berikan reward oleh Kapolres berupa jam tangan dan bagi yang belum bisa menghafalnya di berikan tindakan sikap push up.

IMG-20160808-WA0005

 Kepada Tribratanewsagara.com Kapolres Aceh Tenggara AKBP Drs. Edi Bastari M.Si, mengatakan “Program ini bertujuan untuk memotivasi kepada beberapa personel Polres Aceh Tenggara agar terhindar dari perbuatan tercela , Amar ma’ruf nahi munkar (al`amru bil-ma’ruf wannahyu’anil-mun’kar) yang maksudnya sebuah perintah untuk mengajak atau menganjurkan hal-hal yang baik dan mencegah hal-hal yang buruk bagi masyarakat.”. Kata Kapolres

IMG-20160808-WA0006

Komentar