Polres Aceh Tenggara Mengamankan Aksi Unjuk Rasa di Kantor PT. Gala Fila Mandiri Kutacane

148

Kabag Ren Polres Aceh Tenggara Kompol Rabusat, memimpin pelaksanaan pengamanan aksi unjuk rasa puluhan massa yang menamakan dirinya Forum Masyarakat dan Pemuda Tanggap Lingkungan (FMPTL) di kantor PT. Gala Fila Mandiri (GFM), Rabu (26/7/2017).  sekitar pukul 10.45 Wib.

Koordinator aksi, Zonifar dalam orasinya mengatakan pengerokan galian C yang diulakukan oleh PT. GFM di Daerah Aliran Sungai Lawe Kisam telah mengakibatkan degradasi pada sungai, sehingga banyak irigasi yang berada di hulu ambruk dan tidak berfungsi lagi. seharusnya daerah ini tidak dibenarkan adanya perusahaan manapun untuk beroperasi dalam galian C, mengingat kawasan ini merupakan kawasan minapolitan. “Ada sisa limbah berbahaya mengalir ke sungai, PT. GMF ancam kesehatan warga. Adanya polusi udara berupa gas beracun,” tegasnya.

Menanggapi aksi pendomo, Direktur PT GMF, Issiki Handoko menyampaikan akan mempelajari permintaan dari pendemo itu. Menurutnya, PT GFM didasari karena seringnya terjadi banjir di wilayah ini.

Aksi unjuk rasa tersebut telah dilakukan mediasi dengan pihak PT. GMF namun tidak membuahkan hasil dan selanjutnya para pendemo membubarkan diri dan akan melanjutkan aksinya pada hari sabtu ke DPRK Aceh Tenggara.

Komentar