Polres Aceh Tenggara Amankan Kunjungan Menteri Sosial RI Dalam Rangka Meninjau Serta Membantu Korban Bencana Alam Banjir Bandang Kab. Aceh Tenggara

156

Polres Aceh Tenggara amankan Kunjungan Menteri Sosial Republik Indonesia Ibu Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa beserta rombongan dalam rangka meninjau serta membantu korban bencana alam banjir bandang Kab. Aceh Tenggara, Sabtu (15/04/2017) sekitar pukul 09.30 Wib.

Sekitar pukul 10.40 Wib, Ibu Menteri Sosial RI beserta rombongan yaitu Dirjen Perumahan, Dirjen Jalan dan Jembatan, Dirjen Sumber Daya Air tiba di Bandara Alas Leuser Kab. Aceh Tenggara  menggunakan Pesawat Jenis Susi Air PK-BVP.

Selanjutnya Ibu Menteri Sosial RI beserta seluruh rombongan langsung meninggalkan bandara Alas Leuser menuju posko banjir bandang di Desa Suka Makmur Kec. Semadam Kab. Aceh Tenggara yang di dampingi rombongan Bupati Aceh Tenggara, Wakil Bupati Kab. Aceh Tenggara, Kapolres Aceh Tenggara AKBP Drs. Edi Bastari M.Si, Sekda Kab. Aceh Tenggara, H. M. Salim Fakhri Anggota DPR RI Komisi V, Irwandi Desky Ketua DPRK Kab. Aceh Tenggara, Sjech Achmaddin Apa DPRA, Bukhari Selian Anggota DPRA, Anggota DPRK Kab. Aceh Tenggara, Dandim 0108 Aceh Tenggara, Unsur Forkopimda, dan Camat Se Kab. Aceh Tenggara.

Kemudian sekitar pukul 11.00 Wib Ibu Menteri Sosial RI beserta Rombongan tiba di posko 1, lalu meninjau dan turun ke lokasi banjir serta memberi bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak banjir bandang.

Ketua TAGANA memberikan beberapa laporan kepada Ibu Menteri Sosial yaitu sebagai berikut :

  • Bahwa akibat hujan deras pada tanggal 11 april 2017 sehingga mengakibatkan banjir bandang.
  • Korban banjir bandang sebanyak 577 KK di dua Kecamatan yaitu semadam dan Lawe Sigala-gala.
  • Di Desa Lawe Sigala-gala sebanyak 13 Desa Rusak Berat 4 hanya kena imbas.
  • Dapur Umum sudah berjalan selama 2 hari.
  • Personil yang terlibat adalah dari Kemensos, Dinas Sosial Banda Aceh, Tagana Aceh Tenggara, Takengon, Gayo Lues, Pihak TNI, POLRI, POL PP dan dari SAR.

Sekitar Pukul 11.30 Wib, Ibu Menteri Sosial beserta rombongan tiba di posko 2 banjir bandang yang bertempat di Polsek Lawe Sigala-gala Kec. Lawe Sigala-gala Kab. Aceh Tenggara dan di sambut oleh Wakapolres Aceh Tenggara Kompol Imam Asfali SIK dan masyarakat Desa Lawe Sigala – Gala yang terkena musibah kemudian dilanjutkan dengan acara tatap muka dengan masyarakat Kec. Lawe Sigala-gala.

Pada kesempatan itu Kepala Desa Lawe Sigala – Gala mengadu kepada Ibu Menteri Sosial yaitu sebagai berikut :

  • Kami masyarakat yang terkena banjir bandang meminta kepada Menteri Sosial RI agar terus memperhatikan kami dengan semaksimal mungkin.
  • Kami masyarakat yang terkena musibah memohon agar diberi bantuan supaya beban yang kami derita segera bisa di selesaikan.

Kemudian Ibu Menteri Sosial RI memberi sambutan yaitu sebagai berikut :

  • Saya himbau kepada seluruh masyarakat yang terkena musibah agar bersabar dan ditabahkan hatinya.
  • Saya himbau kepada seluruh masyarakat agar bersama-sama untuk membersihkan Lumpur-lumpur, Kayu dan Bebatuan yang hanyut akibat deras nya terjangan air pada saat terjadinya banjir bandang.
  • Saya himbau juga sebagai perioritas utama yang harus dibersihkan adalah sekolah agar anak-anak yang masih menduduki bangku sekolah bisa kembali beraktifitas mengingat sudah dekatnya dengan waktu ujian.

Lalu Ibu Menteri Sosial RI beserta rombongan meninggalkan Posko banjir bandang menuju ke Pendopo Bupati Kab. Aceh Tenggara untuk melakukan Istirahat dan makan siang.

Sekitar Pukul  15.30 Wib Ibu Menteri Sosial RI kembali ke bandara Alas Leuser menggunakan pesawat jenis Susi Air PK-BVP menuju ke Bandara Kuala Namu Medan Prov. Sumatera Utara.

Komentar