Kapolres Aceh Tenggara Pimpin Pengamanan Unjuk Rasa

465

Kapolres Aceh Tenggara AKBP Drs. Edi Bastari M.Si, didampingi Wakapolres Aceh Tenggara Kompol Imam Asfali S.ik, memimpin langsung pengamanan unjuk rasa yang dilakukan oleh tim pemenangan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tenggara tahun 2017 nomor urut 1 Raidin – Bukhari (RABU) di kantor sekretariat Komisi Independen Pemilihan (KIP) Desa Perapat Timur Kec. Lawe Bulan Kab. Aceh Tenggara, Selasa (13/12/2016) sekitar pukul 11.00 Wib.

20161213_11213020161213_112744

Ratusan personel Polres Aceh Tenggara dan polwan turut serta mengawal dan mengamankan aksi ujuk rasa ini.

20161213_114210

Adapun tuntutan dari massa tim pemenangan RABU ini adalah sebagai berikut :

  • Meminta kepada pihak KIP Kab. Aceh Tenggara agar tunduk dan mau melaksanakan rekomendasi yang telah di keluarkan PANWASLIH Kab. Aceh Tenggara tanggal 30 November 2016.
  • Meminta pihak KIP agar mencabut SK rapat pleno penetapan DPT (daftar pemilih tetap) pada tanggal 06 Desember 2016, kami menduga banyak sekali manipulasi data yang dilakukan.
  • Validasi kembali pendataan pemilih berdasarkan TPS (tempat pemungutan suara) di setiap desa yang melibatkan tim PPS, P2DP dan elemen masyarakat terkait.
  • Menuntut KIP bersikap netral dan proporsional tanpa tekanan dari pihak manapun, tanpa mencederai Pilkada yang jujur dan adil di Kab. Aceh Tenggara.
  • Ketegasan dari PANWASLIH untuk mengeluarkan rekomendasi bahwa terjadi pelanggaran tahapan Pemilu yang dilakukan KIP Kab. Aceh Tenggara.
  • Kalau pada point 1,2, dan 3 tuntutan kami tidak dipenuhi kami atas nama rakyat akan melakukan aksi damai dengan massa yang jauh lebih banyak serta menduduki kantor KIP Kab. Aceh Tenggara sampai tuntutan kami berhasil.

Kapolres Aceh Tenggara melakukan musyawarah/mediasi dan memanggil beberapa perwakilan dari Korlap demo yang di hadiri Wakapolres Aceh Tenggara, Ketua KIP Kab. Aceh Tenggara, Anggota KIP Aceh Tenggara, Anggota Komisioner PANWASLIH, dan Kadiscapil Kutacane Kab. Aceh Tenggara.

20161213_114645

Hasil dari musyawarah langsung di paparkan oleh pewakilan korlap aksi demo, Ketua KIP Kab. Aceh Tenggara dan Kapolres Aceh Tenggara di depan massa dan mendapat apresiasi yang begitu besar dari massa aksi demo kepada Kapolres Aceh Tenggara, yang hasilnya adalah :

  • Jalur hukum tetap di proses bilamana terdapat kecurangan sesuai hukum yang berlaku.
  • Masalah DPT, kita akan menerima rekomendasi dari PANWASLIH dan akan memperbaikinya.
  • Jika ada temuan, kita akan menunggu rekomendasi dari PANWASLIH dan menerima saran dari masyarakat di setiap desa dengan batas waktu sebelum tanggal 17 Desember 2016.

Kapolres Aceh Tenggara sekali lagi menegaskan bahwa “Kapolres akan mengawal, membantu dan menindak tegas segala sesuatu yang melanggar, melakukan kecurangan dalam bentuk apapun dalam Pilkada 2017 di Kab. Aceh Tenggara, dan menyatakan pula bahwa Polres Aceh Tenggara NETRAL di atas segala-galanya”tegas Kapolres Aceh Tenggara.

20161213_132030

Komentar