Kapolres Aceh Tenggara Menjadi Irup Dalam Apel Gelar Pasukan Pergeseran Personel Pengamanan Ke TPS

85

kapolres Aceh Tenggara AKBP Drs. Edi Bastari, M.Si, menjadi Inspektur Upacara Apel Gelar Pasukan Pergeseran Personel Pengamanan ke TPS Polres Aceh Tenggara dalam rangka pengamanan Pilkada Gubernur/wakil Gubernur, Bupati dan wakil Bupati Periode 2017-2022 Kab. Aceh Tenggara di Lapangan Jend. Ahmad Yani Kutacane Kec. Babussalam Kab. Aceh Tenggara, Senin (13/02/2017) sekitar pukul 08.30 Wib.

 

Pada kegiatan tersebut di hadiri Dandim 0108 Aceh Tenggara, Waka Polres Aceh Tenggara, Para kabag, kasat, kapolsek jajaran Polres Aceh Tenggara,  Ketua KIP Kab. Aceh Tenggara, Ketua Panwaslih Kab. Aceh Tenggara, Kepala BPBD Kab. Aceh tenggara, Kasat Pol PP Kab. Aceh Tenggara, Dansub Den Pom 1-4/IM Kodim 0108 Aceh Tenggara, Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Kutacane, Calon wakil Bupati kab. Agara No. Urut 1 (RABU) An. Bukhari, serta peserta apel tersebut ialah enam pleton personel Polres Aceh Tenggara, satu pleton personel Kodim 0108 Aceh Tenggara, tiga pleton personel BKO Brimob Polda Sumatera Barat,  satu pleton BKO Brimob Polda Aceh Subden Gayo Lues, satu pleton Linmas, satu pleton Damkar.

 


Pada kesempatan apel tersebut Kapolres Aceh Tenggara membacakan amanat dari Kapolda Aceh yaitu Sebagai berikut  :

  1. Kita ketahui bersama Bahwa saat ini beberapa daerah di indonesia menjankan pemilihan kepala daerah secara serentak terdepat 23 Kab/Kota di Prov. Aceh pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur dan 16 Kecamatan untuk pemilihan bupati dan wakil Bupati serta 4 Kotamadya untuk pemilihan walikota dan wakil walikota.
  2. dan saat ini kita telah masuk pada tahapan inti pilkada, dimana pada tgl 15 Feb 2017 mendatang akan dilaksanakan pemungutan suara.
  3. Sebanyak 7.791 Pers Polri dari Satker polda aceh dan jajaran bersama 19.162 linmas ditugaskan utk melaksanakan pengamanan TPS dgn total jumlah TPS 9.592 yg dibagi menjadi 3 katagori yaitu TPS aman dgn komposisi 2 polri untuk 4 TPS sbnyk 5.212 TPS.
  4. TPS rawan 1 dgn kompisisi 2 polro untuk 2 TPS sbnyk 3.612 TPS dan TPS rawan 2 dgn Kompisisi 2 Polri 1 TPS sbnyk 768 TPS.
  5. Dari sebanyak 7.91 pers Polri tersebut sebanyak 840 Pers adalah Satker dilingkungan Polda yg ditugaskan sebagai personil BKO pengamanan TPS pada 10 Polres yaitu Pidie, Bireun, Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Singkil, Gayo Lues, Aceh Jaya, Aceh Barat dan Nagan Raya dgn masa penugasan selama 5 Hari mulai tgl 12 s.d 16 Feb 2017.
  6. Berikut Hal-hal yg perlu saudara pedomani dalam bertugas pengamanan Pilkada 2017 yg kiranya menjadi bekal saudara bertugas yaitu lakukan persiapan yg matang baik mental dan fisik.
  7. kemudian setelah berada di daerah penugasan atau H-2 maka langkah pertama yg saudara perlu lakukan adalah kenali dan lapor diri keberadaan saudara pada pejabat dan atau atasan pengendali saudara termasuk kepada Geucik/Kepala desa.
  8. Perlu saya informasikan bahwa potensi kerawanan ancaman dan gangguan saat pemungutan suara nanti anatara lain Intimidasi terhadap pemilih, KPPS dan saksi di TPS, perampasan suarat dan kotak suara, manipulasi surat suara dan aksi protes oleh saksi.

Komentar